Indrianiteknik.com – Jasa Isi dan Tambah Freon AC, AC dikenal sebagai pendingin yang paling efektif untuk menyejukkan suhu dalam ruangan. Dibalik dinginnya udara yang dihasilkan ternyata ada komponen yang memiliki peran penting, komponen ini adalah freon. Refrigent atau yang biasa dikenal dengan freon merupakan cairan yang biasa dipakai pada AC. Fungsinya untuk menyerap panas dari ruangan kemudian membuangnya melalui kondensor. Pada dasarnya freon sendiri adalah komponen yang paling awet, namun bukan berarti tidak bisa habis. Kondisi ini pun dapat berubah apabila terdapat kebocoran yang parah pada pipa AC, sehingga freon perlu ditambah atau diisi ulang. Lalu dimana tempat dan bagaimana cara untuk mengisinya? Anda tidak perlu repot-repot mengisinya sendiri karena semuanya bisa dilakukan dengan mudah menggunakan Jasa isi dan tambah Freon.

Macam-Macam Refrigent yang Terdapat Pada Jasa Isi dan Tambah Freon

Mendengar istilah freon mungkin semua akan terdengar sama bagi orang yang kurang paham tentang AC. Tapi kenyataannya freon memiliki beberapa jenis yang berbeda, dan setiap jenis freon ini harus diisi dan diganti dengan jenis yang sama pula. Oleh karena itu, Jasa isi dan tambah freon pun menyediakan berbagai refrigent sesuai dengan kebutuhan Anda. Ada pun jenis-jenis refrigent tersebut seperti yang disebutkan di bawah ini.

  1. Freon R22
    Refrigent jenis ini merupakan yang paling umum digunakan di era 19990 sampai awal tahun 2000an. Namun, seiring berjalannya waktu penggunaan freon R22 ini dianggap mengancam lapisan ozon dan mengakibatkan pemanasan global. Hingga akhirnya pada tahun 2015 melalui peraturan pemerintah Indonesia secara tegas melarang penggunaan freon jenis ini serta menghentikan pengimporannya. Tetapi dalam konteks tersebut setiap jasa isi dan tambah freon masih diperkenankan untuk menjualnya hingga tahun 2030 mendatang. Terdapat juga syarat untuk menjualnya yaitu hanya untuk keperluan tambah freon, dan bukan isi ulang. Oleh karena itu kini inverter AC lebih banyak beredar menggunakan Freon R32 dan R404A.
  2. Freon R32
    Freon berikut ini pertama kali ditemukan oleh perusahaan AC ternama di Jepang, kemudian pada tahun 2013 produk ini pun banyak digunakan pada merk AC lainnya. Refrigent jenis ini memiliki potensi yang lebih rendah terhadap pemanasan global, sehingga mendorong para produsen AC untuk menggunakannya. Kemudian untuk kinerjanya sendiri freon R32 juga masih jauh lebih dingin jika dibandingkan dengan tipe lainnya. Tak heran jika kini banyak jasa isi dan tambah freon yang menyediakan pelayanan untuk refrigent tersebut. Walaupun memiliki kemampuan mendinginkan yang bagus serta ramah lingkungan, tapi freon jenis ini masih memiliki kemungkinan untuk terbakar. Tetapi Anda tidak perlu khawatir karena kemungkinan ini nilainya rendah sekali, jadi freon R32 benar-benar aman untuk digunakan.
  3. R404A
    Refrigent yang satu ini diciptakan sebagai pengganti R22 sebagai produk yang lebih ramah lingkungan. Freon jenis ini lebih efisien dalam penggunaan energi serta diklaim memiliki presentase yang lebih rendah pada efek penipisan ozon. Meskipun demikian kenyataannya R404A masih memiliki potensi yang berbahaya bagi pemanasan global, bahkan dengan angka yang lebih tinggi dari R22. Terlepas dari kekurangannya freon ini sudah banyak dipakai terutama oleh produk AC berteknologi inverter. Bisa dibilang R404A sempat merajai sebelum datangnya freon R32. Jasa Isi dan tambah freon juga menyediakan refrigent tersebut, mengingat AC inverter adalah jenis yang paling banyak digunakan saat ini. Jadi bagi Anda yang memiliki masalah dengan freon tipe ini tidak perlu khawatir, tinggal bawa ke tempat dan semuanya langsung beres.